Rabu, 27 Juli 2011

Mesin Waktu Tidak Akan Pernah Ditemukan !?

Mesin Waktu Tidak Akan Pernah Ditemukan !?

Hari ini di Hot Thread Kaskus dijelaskan bahwa Mesin Waktu tidak akan pernah ditemukan. Sehubungan dengan posting sebelumnya :

Apakah Ini Adalah Awal Dari Mesin Waktu?

Maka di post ini akan dijelaskan kenapa mesin waktu tidak akan pernah di temukan.

"Percaya atau tidak , tidak ada hukum di fisika yang melarang terjadinya perjalanan waktu/time travel" Michio Kaku.

Topik ini memang sangat menarik, setelah newton yang mengemukakan bahwa perjalanan waktu/mesin waktu tidak mungkin setelah dia menganalogikan waktu seperti anak panah yang melaju (tidak bisa diperlambat atau dipercepat), datang einstein yang menganalogikan waktu seperti anak sungai. Einstein sendiri sebenarnya tidak begitu percaya dengan mesin waktu sebelum teman sekantornya seorang matematikawan bernama Kurt Godel pada tahun 1949 pertama kali menemukan solusi dari rumus Einstein yang memperbolehkan perjalanan waktu.

"Jika alam semesta berputar dan kamu bergerak mengelilinginya, kamu akan kembali ke tempat kamu berada sebelum kamu pernah berada disitu."
Bagaimana Einstein meragukan ini, karena menurutnya alam semesta itu tidak berputar melainkan melebar/expand.

Setidaknya itulah yang ane dapat dari penuturan Michio Kaku ini, sebaiknya anda lihat dulu video ini .

Berikut ini adalah paragraf penjelasnya :
Perjalanan lintas waktu mustahil dilakukan. Kesimpulan itu dikemukakan oleh peneliti dengan mengajukan bukti bahwa foton tidak dapat melaju melampaui kecepatan cahaya.

Tim peneliti dari Hong Kong University of Science and Technology yang dipimpin Du Shengwang membuktikan, sebuah foton selalu tunduk pada teori Einstein yang menyebutkan bahwa tidak ada sesuatu pun yang bisa bergerak melebihi kecepatan cahaya. Dengan demikian, perjalanan lintas waktu hanya mungkin terjadi dalam kisah fiksi ilmiah.


Studi yang dilakukan profesor Du berhasil mendemonstrasikan sebuah foton juga mematuhi hukum lalu lintas semesta, seperti yang terjadi pada gelombang elektromagnetik. Studi itu menunjukkan, sebuah foton mematuhi batas kecepatan 'c' yang esuai dengan hukum sebab-akibat Einstein yaitu, sebuah efek tidak bisa terjadi mendahului penyebabnya.


Lebih lanjut, Du mengatakan, "Bukti studi ini bisa menjadi bekal untuk mengakhiri perdebatan tentang kecepatan informasi yang dapat diangkut sebuah foton". 

Secara bahasa yang lebih simpel :

jadi kira2 gini gan (kira-kira), Einstein mengatakan bahwa untuk melakukan perjalanan waktu kita perlu bergerak dengan kecepatan cahaya. Coba kita bayangkan equasi E=mc^2 , disini terlihat jelas untuk mencapai kecepatan cahaya , maka akan diperlukan energi yang sangat besar dan hampir tidak mungkin, atau massa yang hampir nol, karena kecepatan cahaya sejalan dengan energi dan 1/m .

Foton tidak bermassa sehingga ia bisa bergerak dengan kecepatan cahaya, kemudian diceritakan bahwa foton tunggal dalam waktu singkat mampu bergerak dengan kecepatan yang lebih besar atau lebih kecil dari cahaya bahkan di ruang hampa berdasarkan prinsip ketidakpastian(ini masih kemungkinan yang keren ) Sayangnya berita terakhir berdasarkan penelitian Prof. Du dari universitas hongkong (ntah apa ane lupa) menemukan bahwa ternyata photon juga hanya mengikuti batas limit kecepatan cahaya, dengan kata lain tidak bisa melebihi kecepatan cahaya.

KESIMPULAN 

Mesin waktu tidak akan pernah ditemukan karena Prof.Du dari hongkong berhasil membuktikkan bahwa foton satu-satunya kandidat terkuat sampai sekarang sudah bergerak melampaui kecepatan cahaya, ternyata tidak bisa melampaui kecepatan cahaya. So, time travel is impossible.

Hasil analisa sementara :
Dulu ada teori bahwa bumi itu kotak.
ternyata ada teori baru mengatakan bumi itu bulat.
sebenarnya tidak ada yang tidak mungkin.
buat sekarang mungkin itu impossible.
tapi ga ada yang tau di 200 tahun ato bahkan 2000 tahun mendatang.

So, artikel ini selanjutnya terserah anda.. :)

Sumber : kaskus



View the Original article

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls